Rabu, 08 Agustus 2012

Roadshow ARG

Dalam rangka pelaksanaan program PUG(Pengarusutamaan Gender) di Kabupaten Pekalongan . maka Pokja PUG yang diketuai oleh kepala BAPPEDA dan Sekretaris Kepala BPMPK telah melaksanakan bebrapa kegiatan seperti :membuat kebijakan berupa SE Bupati terkait pembentukan Focal Point di semua SKPD, pelatihan PPRG yang diikuti oleh satu orang perwakilan SKPD, Rapat koordinasi Tim Teknis ARG, dan penetapan 5 SKPD yang akan uji coba ARG.
 

Agar  pelaksanaan ini lebih efektif

melalui Tim Teknis ARG menyelenggarakan Roadshow PPRG(Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender) ke 5 SKPD yang ditetapkan sebagai SKPD yang akan melaksanakan  uji coba pada salah satu program/kegiatannya akan diARGkan. Ke lima SKPD tersebut adalah : Dinas Pendiikandan Kebudayaan, BPMPKB, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan, dan DInas Perindustrian, Perdagangan, UMKM dan Koperasi. Karena ke lima SKPD ini secara langsung memiliki tugas yang langsung berpengaruh pada peningkatan IPM(Index Pembangunan Manusia) dan IPG(Index Pembangunan Gender).


Dalam acara Roadshow ini  diharapkan seluruh pelaku perencanaan dan pelaksana kegiatan di masing-masing SKPD ini dapat lebih memahami tentang PPRG dan mampu melaksanakan PPRG dengan menyusun GAP dan GBS yang benar.


Kegiatan Roadshow ini dipimpin oleh Sekretaris Pokja, Ibu Ir. HB Riyantini, (mewakili Kepala Bappeda) setelah beliau memberi pengarahan umum capaian IPM, IPG dan IDG Kabupaten Pekalongan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang capaian SKPD bersangkutan dikaitkan dengan RPJMD oleh ketua Tim Teknis (Kabid Sosbud : Haryanto- kadang diwakili oleh Kasinya: Edy Setiawan). Materi inti tentang PPRG berikutnya disampaikan oleh Kbid PPPA: Siti Masruroh, selaku Sekretaris Tim Teknis ARG, Dan tambahan penjelasan oleh Inspektorat terkait pemeriksaan yang akan dilakukan termasuk analisis gender ini.


Sebelum penutup dilakukan tanya jawab dan diakhiri dengan pernyataan komitmen kepala SKPD untuk melakukan PPRG pada minimal salah satu program/kegiatannya pada perencanaan APBD  tahun 2013.
Selanjutnya SKPD menyiapkan salah satu program/kegiatannya dan pendampingan akan dilakukan oleh Tim Teknis ARG. Sesuai dengan SE Gubernur Jateng ARG ini menjadi salah satu syarat saat verifikasi penetapan APBD 2013. Semoga melalui kegiatan ini para pelaku PPRG dapat benar cermat sehingga prinsip Manajemen Berbasis Kinerja yang berupa Ekonomis, Efektif dan Efisian dpat dilengkapi dengan prinsip ARG yaitu Equity, dan pada akhirnya seluruh target capaian pembangunan dapat tercapai, demi Terwujudnya masyarakat Kabupaten Pekalongan yang sejahtera dan bermartabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar