Minggu, 11 September 2016

Peringatan HARGANAS XIII Kabupaten Pekalongan

KAJEN - Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2016, Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH. Msi, mengikuti kegiatan jalan sehat keluarga dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIII dan Hari Anak Nasional sekaligus digelar Festival Jajanan Rakyat 2016, di Jalan Krakatau depan halaman kantor BPMBPKB.

 
Dengan mengusung tema Hari keluarga nasional merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera. Ada sekitar 5.000-an peserta yang mengikut jalan sehat Harganas XXIII ini, dan Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH. Msi langsung melepas peserta jalan sehat. 
 Dalam sambutan pemberangkatannya, Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH. Msi mengatakan bahwa momentum Hari Keluarga dan Anak Nasional ini diperingati agar dapat menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah sebagai bekal untuk mengabdi kepada masyarakat. “Yang paling penting adalah bagaimana kita membina kerukunan dan membina soliditas khusunya untuk pemerintah  dan warga masyarakat dengan tujuan utamanya adalah untuk menyehatkan jiwa dan raga kita melalui kegiatan jalan sehat pagi ini,” ungkap Asip

Peserta jalan sehat melewati rute dari Jl Krakatau depan halaman BPMBPKB melewati SPBU Gejlek – Tugu Nol KM – melewati Masjid Al-Mutarom dan kembali lagi ke start awal. Peserta terdiri dari beragam kalangan, seperti Ketua DPRD Kab. Pekalongan, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, unsur FKPD, Kepala BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Setda beserta jajarannya, dan Muspida se Kab Pekalongan, PLKB dan SKD se Kabupaten Pekalongan  serta pelajat dan masyarakat pun turut berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan itu.
.
Jalan sehat Keluarga semakin meriah dengan adanya doorprize yang dibagikan kepada seluruh peserta Jalan sehat . Peraih Hadiah Utama Doorprize Jalan Sehat Keluarga : Deni Hendiyatno, SKD Desa Rowokembu Kec. Wonopringgo.
Selain itu kegiatan ini untuk memperingati Hari Anak Nasional yang mengangkat tema “Akhiri Kekerasan terhadap Anak” dengan diikuti kegiatan Ikrar Anak oleh Forum Anak Kab Pekalongan dan Pengukuhan Bunda PAUD Kabupaten dan Kecamatan se-Kabupaten Pekalongan, dimana Bupati Pekalongan mengukuhkan Dra. Hj Munafah Asip sebagai Ketua Bunda Paud Kab Pekalongan.
Acara dilanjutkan dengan penilaian peserta Festival Jajanan Rakyat 2016 yang diikuti oleh 285 desa / kelurahan dengan memamerkan dan mengenalkan keanekaragaman jajanan tradisional hasil kreativitas masing-masing wilayah. Dengan mengangkat tema “DENGAN SEMANGAT FESTIVAL JAJAN PASAR KITA TINGKATKAN KREASI JAJAN DALAM MENINGKATKAN KEMAKMURAN MASYARAKAT”. berharap festival ini mampu mengenalkan ke masyarakat tentang jajanan dan makanan tradisional daerahnya; menerbitkan rasa bangga, cinta masyarakat terhadap jajanan tradisional yang juga merupakan salah satu warisan budaya dari nenek moyang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar