Senin, 08 Juli 2013

PERINGATI HARGANAS & HAN JATENG, SEJUMLAH BANTUAN DAN PENGHARGAAN DISERAHKAN

  maaa
 
 KAJEN – Kemeriahan peringatan Hari Keluarga XX dan Hari Anak Nasional Tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2013 yang digelar di Internasional Batik Centre (IBC) Kabupaten Pekalongan sudah nampak sejak Jumat pagi tadi (5/7). Beberapa pertunjukan untuk menghibur sekitar 2000 undangan yang hadir semakin membuat acara tersebut semakin meriah.
Acara dihadiri oleh FKPD Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Pekalongan, Kepala Bakorwil I,II dan III, Bupati/Walikota dan Ketua Tim Penggerak PKK Kab/Kota se Jawa Tengah, SKPD Provinsi dan Kab/Kota selaku Dewan Penyantun TP PKK Prov.Jateng dan Kab/Kota, Ketua TP PKK dan Dharma wanita Persatuan Jawa Tengah, GOPTKI, HIMPAUDI, Pimpinan Bank Jateng, PTN dan Swasta, Lembaga Perlindungan Anak, serta Petugas Lapangan Keluarga Berencana.
Bupati Pekalongan Drs.H.A.Antono,Msi dalam sambutannya menyampaikan penghargaannya atas dipilihnya Kabupaten Pekalongan sebagai tempat Peringatan Hari Keluarga XX dan Hari Anak Nasional ini. ”Terimakasih atas kepercayaannya. Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi dalam bekerja demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ujar Antono.
Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo meminta para undangan yang hadir dan seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk memahami dan merenungkan bersama bahwa keluarga merupakan pondasi utama dari maju mundurnya satu bangsa. ”Oleh karena itulah, Pemerintah memutuskan untuk senantiasa memperingati Hari Keluarga dan Hari Anak Nasional,” jelasnya. ”Bila keluarga sejahtera dan bahagia, maka bangsa akan menjadi kuat, maju, mandiri dan berdaya saing tinggi,” tambahnya.
Lebih lanjut Bibit mengungkapkan bahwa keluarga adalah lembaga pengasuhan dan pendidikan pertama dan utama dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. ”Artinya, kita sebagai orang tua, hendaknya mengasuh, membina, mendorong agar anak menjadi bermartabat, soleh dan solekhah, pintar dan maju. Termasuk menjaga agar anak terhindar dari kekerasan dalam rumah tangga,” harapnya.
Ditambahkannya bahwa di jaman global seperti sekarang ini, tantangan dalam membentuk karakter dan jati diri bangsa sangatlah berat. Bibit meminta untuk menyadari dan memahami agar bangsa menjadi maju melalui pembinaan keluarga yang sejahtera. ”Jaman sekarang yang dibutuhkan tidak hanya perut kenyang.  Pandai-pandailah menjaga diri dan mengasuh rumah tangga. Kekerasan terjadi akibat dari situasi global yang menyatu sehingga mengakibatkan zina mata. Ini adalah tantangan bagi keluarga muda,” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua TP PKK Prov. Jateng Ibu Hj, Sri Bibit Waluyo dalam laporannya menyampaikan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat secara berkesinambungan untuk membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam Peringatan HARGA XX dan HAN tahun 2013 yaitu ”Melalui Hari Keluarga dan Hari Anak, Kita Tingkatkan Perlindungan Anak untuk Mewujudkan Keluarga Kecil, Bahagia dan Sejahtera”.
Disamping itu juga untuk meningkatkan peran keluarga melalui 8 fungsi keluarga yang meliputi fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta lingkungan sebagai dasar ketahanan dan pemberdayaan keluarga yang tangguh. ”Dan yang tak kalah pentingnya, peringatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta Pemerintah, Dunia Usaha dan masyarakat, keluarga dan orang tua dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak, serta untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Bangsa Indonesia berkomitmen untuk memenuhi hak-hak anak sesuai Konvensi.Hak Anak (KHA),” jelasnya. 
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan kepada 35 PAUD berupa mainan edukatif, 96 kacamata minus untuk anak, bibit cengkeh, teh dan kakao, serta bibit ternak kepada Kelompok Tani. Selain bantuan, juga diserahkan penghargaan kepada para pemenang lomba dalam Gebyar Tahun Pintar Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Prov. Jateng di Ambarawa. Penghargaan tersebut antara lain diberikan kepada PLKB Teladan, Kader KB Teladan, KB Lestari 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun, Lomba KB Perusahaan, Bidan Idola, Lomba Kesatuan Gerak PKK, Posyandu, (451h+An-An, Her & Didik)

Sumber: Bag. Humas Setda
Editor   : MdyPG(kominfo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar