Senin, 02 Juni 2014

ORIENTASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA BAGI GURU BK/UKS SLTA/SLTP



Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Kehidupan remaja merupakan kehidupan yang sangat menentukan bagim kehidupan masa depan mereka selanjutnya. Masa remaja seperti ini oleh bank dunia disebut sebagai masa transisi kehidupan remaja. Transisi kehidupan remaja oleh Bank Dunia dibagi menjadi 5 hal (YouthFive Life Transitions). Transisi kehidupan yang dimaksud menurut progresss Report World Bank adalah:


1.    Melanjutkan sekolah (continues kearning)
2.    Mencari pekerjaan (startworking)
3.    Memulai kehidupan berkeluarga (form Families)
4.    Menjadi anggota masyarakat (Exercise Citizenship)
5.    Mempraktekan hidup sehat( practice healty life).
Empat bidang kehidupan yang akan dimasuki oleh remaja sangat ditentukan oleh berhasil tidaknya remaja mempraktekan kehidupan yang sehat. Dengan kata lain apabila remaja gagal berperilaku sehat , kemungkinan besar remaja yang bersangkutan akan gagal pada empat bidang kehidupan yang lain.
Berdasarkan hasil beberapa penelitian yang berhubungan dengan resiko Triad KRR (Seksualitas, NAPZA, HIVdan AIDS), tampaknya sebagaian remaja Indonesia berperilaku tidak sehat. Untuk menanggulangi hal tersebut diperlukan kerja keras dari semua pihak tak terkecuali guru UKS/ BK.
Guru UKS/BK merupakan salah satu ujung tombak bagi pelaksanaan, pembinaan dan pengawasan praktek hidup sehat remaja di sekolahan utamanya kesehatan reproduksi remaja. Sehingga orientasi kesehatan reproduksi remaja sudah selayaknya diadakan untuk menambah bekal bagi mereka dalam membina  kesehatan reproduksi remaja bagi para siswanya.
        Melalui  kegiatan Orientasi Kesehatan Reproduksi Remaja bagi guru BK/UKS di SLTP/SLTA yang dilaksanakan pada hari kamis 22 Mei 2014 di Aula kemenag, jl Krakatau 3 Kajen, ini diikuti 70 orang/guru baik dari jajaran Kemenag maupun Dindikbud, diharapkan para guru BK/UKS dapat meningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku tentang kesehatan reproduksi remaja di SLTA/ SLTP, atau secara khusus :
a.    Menambah bekal bagi guru UKS/BK  dalam membina  kesehatan reproduksi remaja bagi para siswanya.
b.    Menimbulkan minat, semangat guru UKS/BK untuk membina  kesehatan reproduksi remaja bagi para siswanya.
c.    Menimbulkan minat, semangat guru UKS/BK untuk membentuk Pusat Informasi dan Konseling  Remaja di Sekolahanya sehingga  kesehatan reproduksi remaja bagi para siswanya lebih meningkat.
             Orientasi diisi dengan Materi sbb dan nara sumber :
1.        Kebijakan KB-KR,  disampaikan oleh: Dra. Siti Masruroh, M.Si (Sekrt BPMPKB)
2.        Triad KRR – Seksualitas, disampaikan oleh: Siti Aisyah Kurniasih, (Kabid KB- BPMPKB)
3.        Genre dan PIK-R, disampaikan oleh: M. Zaenudin, (Kasubid Kespro-KB-BPMPKB)
4.        PMS dan  HIV /AIDS, disampaikan oleh: Setiawan ( Dinkes)
5.        Narkoba ditinjau dari segi Kesehatan, disampaikan oleh: dr Lestari, (Dinkes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar