Selasa, 15 Mei 2012

Kunjungan PPT Provinsi Jawa tengah

      Pada Kamis, 10 Mei 2012 lalu, PPT(Pusat Pelayanan Terpadu) Provinsi Jawa Tengah berkenan berkunjung ke PPT Kabupaten Pekalongan guna melakukakan koordinasi, sharing dan diskusi tentang permasalahan dan pelayanan yang dihadapi dan diberikan dengan balutan kegiatan 'Bimbingan Teknis PPT'. 

         Tim PPT Provinsi yang hadir adalah Pak Rakun anggota PPT dari unsur PP(Pemberdayaan Perempuan) BP3AKB Provinsi Jawa Tengah dan Eko, M.Hum, dari LRCKGHAM (Lembaga Resource Center Keadilan Gender dan Hak Asasi Manusia). Hadir dari perwakilan anggota PPT Kabupaten Pekalongan adalah : dari unsur PPPA BPMPKB, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, RSUD Kajen, Polres, Kejaksaan Kajen,  LKP3A,  dan Pattiro. 

Beberapa catatan penting yang muncul dari koordinasi dan diskusi ini adalah:
1. Dalam melayani kasu-kasus diharapkan prinsip-prinsip perlindungannya tetap dilakukan, mulai dari pendampingan awal hingga tahap reintegrasi sosial.
2. PPT Provinsi siap menerima rujukan untuk pelayanan yang tidak mampu dilakukan oleh kabupaten.
3. Perlunya PPT Kabupaten menyusun Target capaian SPM (Standar Pelayanan Minimal) guna memenuhi pelayanan publik yang terukur
4. Perlunya melakukan MoU dengan pihak-pihak terkait dalam rangka memberikan bantuan hukum, seperti dengan LBH.
5. Penanganan anak yang berhadapan dengan hukum, perlu dilakukan pendampingan sejak awal, seperti pendampingan oleh guru BKnya,
6. Pasca penanganan kasus harus ditindaklanjuti lagi dengan Rehabilitasi dan Pemulihan agar dampak sosiologis dan psikologis tidak menimbulkan kerugian yang parah di kemiudian hari, seperti banyak kasus pemerkosaan pada anak berakibat pada keterjebakan mereka menjadi PSK (Penjaja Seks Komersial).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar