Minggu, 02 Oktober 2011

CAPACITY BUILDING R/R BAGI PETUGAS PPKBD dan PETUGAS KLINIK SE KAB. PEKALONGAN TA. 2011


Program Kependudukan dan Keluarga Berencana adalah salah satu program sosial yang mendasar dan sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa  yang mempunyai tujuan membangunuk  keluarga kecil bahagia sejahtera berkualitas yang unggul di masa depan dan menjadi sumber daya pembangunan yang tangguh dan mandiri, serta diharapkan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain dalam menghadapi era globalisasi. Untuk mensukseskan program tentunya dibuat kegiatan-kegiatan yang efesien dan efektif dan tentunya tak lepas diperlukannya data dan informasi.
Dalam rangka menunjang tersedianya data dan informasi kependudukan dan KB dilakukan melalui pengembangan Sistem Informasi Kependudukan dan Keluarga (SIDUGA) Program Kependudukan dan KB Nasional, khususnya Sistem Pencatatan Pelayanan Kontrasespsi dan Sub Sistem Pencatatan Pelaporan Pengendalian Lapangan guna memonitor keseluruhan rangkaian kegiatan dan hasil kegiatan program secara berkelanjutan. Sub Sistem Pencatatan Pelaporan Pengendalian Lapangan ini mengalami  perkembangan sehingga data dan informasi program hasil pencatatan dan pelaporan ini dapat diaplikasikan dengan menggunakan perangkat dan cara kerja teknologi modern. Oleh karena itu, selain adanya Sub Sistem ini diperlukan pula para komitmen para petugas pengelola dan pelaksana diberbagai wilayah , disertai upaya penyiapan sumber daya manusia yang kompeten termasuk di dalamnya petugas PPKBD.
Penyiapan sumber daya yang kompeten dan berkualitas tentunya harus ada upaya penambahan pengetahuan. Untuk itu perlu diselenggarakan Capacity Building  R/R bagi petugas PPKBD, yang bertujuan meningkatkan kemampuan petugas PPKBD. Atau lebih  khususnya guna meningkatkan kemampuan  petugas  dalam  mengerjakan pencatatan   dan pelaporan  data di PPKBD dan meningkatkan komitmen Petugas PPKBD terhadap tugas dan tanggungjawabnya.
          Kegiatan Pelaksanaan Capacity Building (0rientasi) R/R bagi petugas PPKBD se-Kabupaten Pekalongan dilaksanakan pada tanggal 21 September 2011 di Aula Kopenda Kabupaten Pekalongan. Kegiatan yang diikuti oleh 285 orang  petugas PPKBD se kabupaten Pekalongan ini dibiayai dari  Anggaran DIPA Tahun 2011 Perwakilan  BKKBN Propinsi Jawa Tengah.
                 Pelaksanaan kegiatan Capacity Building R/R bagi petugas PPKBD ini menggunakan Metode CTJ (Ceramah dan Tanya Jawab) dan Praktik, dengan Narasumber berasal dari  BPPKB Kabupaten Pekalongan, yaitu Kabid MONEV , Drs. Munif M.Kes. Pelaksanaan ini juga dihadiri guna memonitor kegiatan dari Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, yaitu Bapak Sujarno, SH, M.Si , Kabid Kependudukan dan Bapak Drs. Kartono, Kasubid Informasi.






           Masih juga dalam kegiatan sejenis namun dengan sasaran yang berbeda yaitu "Orientasi R/R Bagi Petugas Klinik se Kabupaten Pekalongan" telah dilaksanakan di tempat yang sama pada tanggal 24 September 2011 dengan peserta 35 orang Petugas Klinik. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan petugas klinik dalam  mengerjakan pencatatan dan pelaporan data pelayanan kontrasepsi dan  diharapkan pula mampu meningkatkan komitmen Petugas Klinik terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar